0811-3777-756 · support@kerjasama.com

Ini Dia 6 Tips Terbaik Menghindari Transaksi Riba


Tips transaksi tanpa riba – Syariah telah melarang riba dengan tegas berapapun kadarnya, baik riba itu banyak ataupun riba itu sedikit. Harta yang diperoleh dengan jalan riba haram hukumnya, tidak boleh seseorang mempertahankan harta riba tersebut di dalam kepemilikannya.

Siapa yang tidak takut pada riba? Semua muslim yang taat pasti takut dan berhati-hati sekali dalam melakukan transaksi agar tidak kecipratan dosa riba sebab Allah SWT sudah berfirman :

“Jika kalian tidak melakukan itu (meninggalkan sisa riba) maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangi kalian.” (QS al-Baqarah[2]:279).

Permasalahannya adalah dijaman modern saat ini riba seakan-akan menjadi hal yang harus dilakukan dalam setiap transaksi ekonomi. Bagaimana caranya agar selamat dan terhindar dari transaksi ribawi? Berikut adalah 6 Tips menghindari transaksi riba.

Baca juga: Daftar Fintech Syariah Indonesia

Tips Transaksi Tanpa Riba

  1. Mengenali Bahaya Riba

Tips yang pertama adalah anda harus bisa mengenali bahaya riba, bagai mana caranya? Tentu saja dengan belajar, membaca ayat-ayat al quran dan hadist-hadist tentang riba, bertanya ke kyai atau ustadz tentang bahaya dan karakteristik dari riba.

Dibutuhkan waktu dan konsistensi dalam belajar untuk mengenali bahaya riba dengan baik. Mau tidak mau harus dilakukan, menambah ilmu guna memahami tentang bahaya riba beserta karakteristiknya.

Dengan mengenali bahaya riba maka anda akan termotivasi untuk segera menjauh dan menghindari semua transaksi yang masih mengandung riba.

Baca juga: Tips Marketing di Sosial Media

  1. Belajar Cara Transaksi Yang Halal

Tips berikutnya adalah mempelajari cara transaksi yang halal, aman dan tentu saja terjauh dari kandungan riba. Kenali akad-akad transaksi yang sesuai dengan ajaran Islam atau biasa disebut akad syar’i. Karena dari akad-akad yang digunakan dari setiap transaksi itulah bisa diketahui transaksi tersebut mengandung unsur riba atau tidak.

  1. Periksa Izin Penjualan Barang

Sebelum transaksi jual beli dilakukan ada baiknya anda harus memeriksa barang yang akan anda jual atau akan dibeli. Diperiksa apakah barang tersebut memiliki izin atau tidak, jika tidak memiliki izin dan dibeli maka ada unsur riba pada barang tersebut.

Oleh karena itu anda harus berhati-hati sebelum membeli atau menjual barang, periksa dengan seksama terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang buruk dikemudian hari.

  1. Hanya Menjual/Membeli Barang Halal

Barang yang diperjual belikan pada sebuah transaksi haruslah barang yang halal, jika memperjual belikan barang yang haram maka termasuk aktivitas riba. Jadi yang diperlukan adalah berhati-hati dalam melakukan aktivitas jual beli agar tidak termasuk orang yang mendapatkan ancaman akan diperangi oleh Allah dan Rasul-Nya.

  1. Berhutang pada Lembaga khusus

Jika pilihan berhutang harus dipilih untuk mengatasi kesulitan finansial, maka berhutanglah pada Lembaga khusus yang tidak menggunakan riba untuk mengambil keuntungan. Saat ini sudah banyak Lembaga-lemabaga khusus yang memberikan pinjaman tanpa riba, sehingga bisa membantu anda terlepas dari jeratan transaksi ribawi.

  1. Melakukan Jenis Transaksi Yang Diperbolehkan

Tips yang ke 6 agar terhindar dari transaksi riba adalah hanya melakukan transaksi yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah dan tidak mengandung unsur riba. Hindari semua transaksi yang melanggar hukum agar bisa selamat di dunia dan di akhirat.

Itulah 6 tips yang bisa dicoba agar terhindar dari riba, semoga bermanfaat bagi anda semua yang ingin terbebas dari jeratan riba. Salam berkah.

 

Have any Question or Comment?

One comment on “Ini Dia 6 Tips Terbaik Menghindari Transaksi Riba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *