0811-3777-756 · support@kerjasama.com

Pengertian Fintech Syariah Yang Harus Anda Pahami


Pengertian Fintech Syariah – Perkembangan pesat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berpengaruh pada segala aspek lini kehidupan sosial bermasyarakat.  Demikian juga dalam aspek kehidupan bermuamalah, kemajuan TIK berhubungan secara langsung dan menjadi kebutuhan pokok.

Salah satu kemajuan TIK yang berhubungan langsung dalam kebidupan bermuamalah di jaman modern saat ini adalah Fintech. Apa itu Fintech? Bagaimana cara kerjanya? Pengertin Fintech Syariah? Insya Allah artikel ini akan mengulasnya dengan tuntas.

Pengertian Fintech

Fintech adalah akronim atau singkatan dari Financial Technology jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Teknologi Finansial. Menurut Bank Indonesia teknologi finansial adalah penggunaan teknologi dalam sistem keuangan yang menghasilkan produk, layanan, teknologi, dan/atau model bisnis baru serta dapat berdampak pada stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan/atau efisiensi, kelancaran, keamanan, dan keandalan sistem pembayaran.

Baca juga : Fintech Syariah Indonesia

Secara spesifik definisi dari fintech adalah aplikasi teknologi digital untuk masalah-masalah intermediasi keuangan. Atau dalam cakupan yang lebih luas lagi Word Bank memberi definisi Fintech sebagai industri yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang menggunakan teknologi agar sistem keuangan dan penyampaian layanan keuangan lebih efisien.

Cara Kerja Fintech

Dengan bermodalkan kemajuan teknologi aplikasi fintech di dunia nyata memiliki segmen yang sangat luas, tergantung dari inovasi atau ide akan digunakan sebagai apa fintech tersebut. Berikut ini adalah klasifikasi fintech dalam layanan jasa keuangan :

Klasifikasi Fintech dalam layanan jasa keuangan

  1. Pembayaran, Transfer, Kliring dan Penyelesaian.

Contohnya : Mobile Banking, Digital wallet, Digital Currency dan Distributed Ledger Technology (DLT).

  1. Infrastruktur Pembayaran

Contohnya : Crowdfunding dan platform pinjaman P2P (Peer to Peer) online, mata uang digital, dan Distributed Ledger Technology (DLT).

Baca Juga : Ini Dia Situs Pelopor Crowdfunding Syariah Indonesia

  1. Manajemen Resiko (Risk Management).

Contohnya : sektor asuransi (InsurTech)

  1. Dukungan Pasar (Market Support)

Contohnya : e-aggregrator, big data, verifikasi ID secara digital, penyimpanan data, dan cloud computing

  1. Manajemen Investasi

Contoh: platform e-trading, smart contracts, dan roboadvice

Pengertian Fintech Syariah

Berikut adalah definisi Fintech Syariah yang dikeluarkan oleh DSN MUI, Financial teknologi syariah atau Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan berdasarkan prinsip syariah yang mempertemukan atau menghubungkan Pemberi Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan dalam rangka melakukan akad pembiayaan melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Salah satu pedoman yang harus diikuti oleh penyelenggara fintech syariah adalah tidak boleh bertentangan dengan prinsip Syariah, yaitu antara lain terhindar dari riba, gharar, maysir, tadlis, dharar, zhulm, dan haram.

Perbedaan yang paling menonjol antara Fintech Syariah dan Fintech Konvensional salah satunya adalah bunga. Dimana didalam syariat Islam bunga tidak diperbolehkan karena terdapat unsur riba.

Fintech Syariah Kerjasama.com

Kerjasama.com merupakan Fintech berbasis syariah bergerak dibidang crowdfunding syariah yang mempertemukan investor dan developer. Kerjasama.com bergerak di bidang investasi properti syariah, serta usaha syariah lainnya. Kerjasama.com memfasilitasi investor dan developer untuk bekerjasama dengan sistem bagi hasil sesuai dengan akad syar’i.

Baca Juga: Inilah 6 Kelebihan Crowdfunding Syariah Kerjasama.com

Tertarik bergabung dengan Kerjasama.com, atau ingin mempelajari cara kerja Kerjasama.com lebih lanjut? Langsung aja klik link berikut ini. Kerjasama.com.

 

Have any Question or Comment?

One comment on “Pengertian Fintech Syariah Yang Harus Anda Pahami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *