0811-3777-756 · support@kerjasama.com

5 Langkah Praktis Meraih Kemerdekaan Finansial


Kemerdekaan Finansial – Indonesia hari ini memperingati hari kemerdekaannya yang ke 73, gegap gempita perayaaan Hari Ulang Tahun kemerdekaan terasa mulai dari jalan-jalan di pedesaan sampai dengan jalan protokol ditengah kota.

Kemerdekaan yang dimaksud adalah kebebasan dari belenggu penjajahan selama 350 tahun, menuju bangsa yang bebas dan berdaulat. Pertanyaannya adalah apakah kemerdekaan dari belenggu penjajahan membuat individu penduduk Indonesia bisa merasakan kemerdekaan finansial?

Banyak yang mengira bahwasanya yang dikatakan sebagai merdeka (bebas) finansial adalah mereka yang memiliki uang dan harta yang banyak serta asset yang melimpah dan ada dibanyak tempat.

Baca Juga : Fintech Syariah Indonesia

Padahal yang dimaksud dengan kemerdekaan finansial adalah kebebasan untuk meraih tujuan keuangan yang akan dicapai sesuai target yang sudah ditetapkan. Kebanyakan mereka yang masih berjiwa muda terjebak disini, bekerja sekuat tenaga siang dan malam hanya untuk mengumpulkan harta yang banyak.

Lantas bagaimana caranya agar kemerdekaan finansial bisa tercapai dalam usia muda? Apakah bisa? Berikut adalah 5 langkah praktis meraih kemerdekaan finansial yang dikutip dari mas Eko Pratomo penulis buku Finansial Wisdom

5 langkah praktis meraih kemerdekaan finansial

  1. Membuat Rencana Finansial

Membuat rencanan finansial atau rencana keuangan ternyata perlu. Menuliskan anggaran rutin yang hendak dicapai dalam kurun waktu tertentu akan membantu menetapkan jumlah pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan dalam kurun waktu tertentu.

Jika pengeluaran rutin sudah diketahui jumlahnya maka menentukan arah laju keuangan yang masih tersisa bisa di tentukan juga. Misalkan untuk ditabung atau di investasikan melalui crowfunding syariah walaupun dengan jumlah yang sedikit.

Baca juga : Ini Dia Situs Pelopor Crowdfunding Syariah Indonesia

Rencana keuangan yang matang juga akan berdampak pada mental psikologis. Orang yang memiliki perencanaan yang matang termasuk juga perencanaan keuangan tidak akan mudah frustasi dan stress karena rencana sudah disusun dengan matang dan rapi.

  1. Segera melunasi hutang

John W Newman, seorang investor ternama dan juga founder MyRoadToFinancialFreedom.com memberi saran kepada para enterpreunur untuk tidak menambah jumlah hutang pada saat sedang proses pelunasan hutang. Serta mengutamakan untuk membayar hutang terlebih dahulu jika memiliki uang yang lebih.

Selain itu tabiat dari hutang adalah membuat gelisah dimalam hari dan menjadi terhina disiang hari gara-gara selalu dikejar-kejar hutang. Jika sudah demikian bagaiman kemerdekaan finansial bisa dirasakan.

Hutang juga menambah beban kehidupan karena sejatinya hutang merupakan urusan di masa yang lampau tetapi harus diselesaikan dimasa mendatang. Hal ini akan membuat orang yang berhutang tidak akan enjoy menjalani hidup.

  1. Mengidentifikasi aset yang dimiliki

Mengidentifikasi ulang aset yang dimiliki merupakan salah satu langkah praktis menuju kemerdekaan finansial. Dengan mengenali kembali aset yang dimiliki akan membuat kita tahu mana aset yang produktif dan mana yang tidak produktif lagi.

Untuk aset yang produktif bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan tambahan pemasukan atau passive income. Contohnya adalah rumah yang tidak dihuni bisa dijadikan sebagai rumah kost atau rumah kontrakan.

  1. Siapkan dana darurat

Menyiapkan dana untuk kepentingan darurat sejak dini dapat membantu kita untuk merasakan kebebasan finansial. Besarnya dana darurat bervariasi sesuai dengan perkiraan kebutuhan tetapi alangkah baiknya anda menyiapkan dana darurat dengan jumlah tiga kali pengeluaran rutin setiap bulan.

Dana darurat sesuai dengan namanya akan digunakan saat menghadapi saat-saat darurat seperti sedang saat sakit dan sebagainya. Dengan adanya dana darurat yang tersedia anda tidak perlu pusing tujuh keliling berpikir dari mana akan dapat uang saat dibutuhkan.

  1. Mulai berinvestasi

Jika uang anda dibiarkan saja dalam kurun waktu tertentu jumlahnya tidak akan bertambah pasti akan berkurang karena terkena efek arus inflasi yang menjadi-jadi.

Salah satu cara agar uang anda bisa mendatangkan manfaat terutama di masa mendatang adalah investasi walaupun dengan jumlah yang sedikit. Mungkin anda akan bertanya-tanya bagaimana caranya berinvestasi dengan jumlah yang sedikit dan aman dari praktik riba?

Jawabnya adalah dengan menjadi investor crowdfunding syariah. Salah satu crowdfunding syariah yang halal, amanah, menguntungkan, dan memberdayakan adalah crowdfunding syariah Kerjasama.com

Baca Juga : Inilah 6 Kelebihan Crowdfunding Syariah Kerjasama.com

Kerjasama.com merupakan crowdfunding syariah yang mempertemukan investor dan developer. Kerjasama.com bergerak di bidang investasi properti syariah, serta usaha syariah lainnya. Kerjasama.com memfasilitasi investor dan developer untuk bekerjasama dengan sistem bagi hasil sesuai dengan akad syar’i.

Jadi tunggu apa lagi, segera rasakan kemerdekaan finansial sesegera mungkin. Raih kebahagiaan di dunia dan di akhirat dengan memilih intrumen investasi berbasis syariah. Segera bergabung sebagai investor di Kerjasama.com.

Have any Question or Comment?

One comment on “5 Langkah Praktis Meraih Kemerdekaan Finansial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *