0811-3777-756 · support@kerjasama.com

5 Hikmah Berkurban Yang Harus Anda Ketahui


hikmah berkurban

Hikmah Berkurban – Sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang sudah Allah SWT berikan kepada hamba-Nya. Allah memerintahkan hambanya untuk sholat dan berkurban, seperti yang sudah termaktub di dalam Al-Quran Surah Al-Kautsar ayat 1-3.

  1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak
  2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah
  3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus (QS Al-Kautsar 1-3)

Berkurban bukan hanya terbatas pada prosesi memotong hewan kurban, mengalirkan darahnya dan membagi-bagikannya. Namun lebih dari itu Berkurban memiliki esensi untuk selalu tunduk dan taat secara totalitas terhadap semua perintah yang diperintahkan oleh Allah. Dan dalam waktu yang bersamaan sekuat tenaga menghindari apa yang sudah Allah larang.

Ada banyak sekali hikmah berkorban yang Allah karuniakan kepada hamba-Nya, berikut ini lima hikmah berkurban yang wajib anda ketahui untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca juga : Fintech Syariah Indonesia

Hikmah Berkurban Idul Adha

Hikmah Berkurban #1

Adanya kebaikan dalam setiap bulu hewan yang dikurbankan, artinya tidak ada yang akan sia-sia dari hewan yang dikurbankan. Bahkan didalam setiap helai bulunya ada setiap kebaikan yang akan di balas pahala oleh Allah SWT. Rasullullah SAW bersabda :

Setiap satu helai rambut hewan kurban adalah satu kebaikan.” Lalu, sahabat bertanya, “Kalau bulubulunya?” Beliau menjawab, “Setiap helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Hikmah Berkurban #2

Berkurban merupakan ciri seorang muslim yang taat, sehingga bagi yang sudah mampu untuk berkurban sangat dianjurkan untuk segera menyembelih hewan kurban sebagai tanda ketaatan kepada Allah SWT. Dari Abu Hurairah RA,  Rasullullah SAW bersabda :

“Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Baca Juga : 5 Langkah Praktis Meraih Kemerdekaan Finansial

Hikmah Berkurban #3

Berkurban merupakan syi’ar agama Islam jadi barang siapa saja yang sudah mampu untuk menyembelih hewan kurban segerah berkurban sebagai bagian untuk menyampaikan syi’ar agama. Allah SWT Berfirman :

“Dan unta-unta itu Kami jadikan untukmu bagian dari syi’ar agama Allah, kamu banyak memperoleh kebaikan padanya. Maka sebutlah nama Allah (ketika kamu akan menyembelihnya) dalam keadaan berdiri (dan kaki-kaki telah terikat). Kemudian apabila telah rebah (mati), maka makanlah sebagiannya dan berilah makan orang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah kami tundukkan (unta-unta itu) untukmu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al-Hajj : 36)

Hikmah Berkurban #4

Mengenang ujian kecintaan Allah SWT kepada nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan anak tercintanya Nabi Ismail AS demi ketaatan beliau kepada Allah SWT. Pengorbanan nabi Ibrahim AS di abadikan didalam Alquran Surat As-Saffat ayat 102-107.

  1. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”
  2. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya)
  3. Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim
  4. sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik
  5. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata
  6. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar (QS: As-Saffat 102-107)

Hikmah berkurban #5

Berbagi kebahagian dengan kaum dhuafa, daging hewan kurban yang sudah disembelih dibagi-bagikan kepada kaum dhuafa sebagai bentuk kepedulian kita kepada sesama makhluk ciptaan Allah SWT. Terkait hal ini Rasulullah SAW bersabda :

“Hari Raya Kurban adalah hari untuk makan, minum, dan zikir kepada Allah SWT.” (HR Muslim).

Masih banyak hikmah lainnya yang bisa kita dapatkan dari memotong hewan kurban di hari raya Idul Adha ini. Semoga hikmah-hikmah yang ada bisa menambah semangat kita semua untuk tetap tekun dan taat beribadah kepada Allah SWT sebagai bekal dikehidupan akhirat kelak, Allahumma Amin.

Terus berkarya menuju mulia, Kerjasama.com Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1439 H.

hikmah berkurban

Hanya dengan 1 Juta Rupiah Saja kini anda sudah bisa menjadi Investor property syariah. Dikelola secara amanah raih keberkahan dan keuntungan dunia akhirat dengan berinvestasi di Kerjasama.com.

 

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *